Sumatera Barat, Ngalau Indah

Di jalan dari Bukittinggi ke Payakumbuh terdapat gua Ngalau Indah yang jauh masuk ke dalam gunung. Di dalamnya terdapat ribuan kelelawar, yang kita tidak akan melihatnya tetapi hanya mendengar suaranya. Kelelawar tersebut akan terbang menutupi kepala kita jika kita mengusiknya. Di pintu masuk utama terdapat batu dengan garis besar.
Kesejukan dan udara lembab yang menyegarkan dapat kita rasakan jika kita masuk ke dalam Gua Ngalau Indah setelah di luar panas. Jalur melalui gua ini mengarah keluar ke puncak gunung. Perjalanan sampai ke lereng bukit itu sendiri cukup sulit, tetapi sebanding dengan usaha yang kita keluarkan, karena akan disambut dengan pemandangan indah di sepanjang jalan.



Ngalau Indah adalah satu daerah wisata lebih cukup menantang dan menarik untuk dilihat. Sebuah gua yang terletak di daerah perbukitan di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Di dalamnya terdapat batu stalagmit dan stalaktit yang terbentuk dari proses endapan batu kapur yang berlangsung ratusan tahun. Kedua jenis ukiran batu memiliki berbagai macam bentuk, dengan ornamen yang menakjubkan, seperti: ruang kamar tidur, kursi, kelambu dan lain sebagainya.Keistimewaan dari tempat ini adalah adanya perbukitaan di sekitar gua, wisatawan dapat melihat panorama kota Payakumbuh yang terhampar di depan mata. Kombinasi bangunan daerah perkotaan, pohon hijau dan hamparan luas lahan sawah adalah kesatuan kilau Payakumbuh.Sementara pemandangan sekitar gua tersebut juga tidak kalah menarik. Sebelum masuk ke Ngalau Indah atau tepatnya di depan pintu masuk wisatawan disambut dengan sebuah ukiran dari batu yang menyerupai gajah. Memasuki gua, wisatawan akan mendapatkan mengobati berbagai ukiran batu terukir. Berbagai bentuk batu dan ukiran batu dinamai sesuai dengan bentuknya, seperti: kursi, kelambu, dan kamar tidur. Para pengunjung yang merasa lelah atau lebih lama ingin menikmati keindahan Ngalau Indah bisa berhenti dan duduk santai di atas batu. Di bagian lain terdapat batu putih, jika terkena sinar akan memantulkan cahaya seperti kemilau indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar