Sumatera Utara, Pulau Poncang Gadang





Pulau Poncan Gadang merupakan salah satu tempat objek wisata yang cukup terkenal di Kota Sibolga,
karena memiliki lokasi memancing dan tempat menyelam bagi wisatawan lokal dan mancanegara.
Pulau Poncan itu dulunya tempat persembunyian bagi tentera Jepang dan juga memiliki goa yang cukup panjang, namun tidak pernah dimasuki masyarakat.

Disekeliling pulau ini tumbuh pohon nyiur yang menambah kesejukan. Lokasi dan pantai bagian barat dari pulau ini memiliki panorama laut yang sangat indah. Di pulau ini telah tersedia fasilitas berupa hotel berbintang lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Pulau ini dapat dijangkau sekitar 15 menit dengan menggunakan speed boat dari Sibolga.
Kota Sibolga terletak diantara hamparan bukit barisan, sehingga terdapat berbagai gunung dan perbukitan yang terkombinasi dengan pantai yang merupakan kota pelabuhan yang berhadapan langsung dengan samudera indonesia. , Puncak gunung Santeong dan Puncak pemancar TVRI adalah beberapa perbukitan yang sudah mulai dikelola oleh pihak Pemerintah Kota. Dari atas perbukitan ini akan nampak keindahan teluk tapian nauli dengan kota kecil Sibolga baik siang dan malam hari. Di perbukitan ini juga dibangun gajebo (sejenis pondok)dari beton yang gunanya sebagai tempat peristirahatan jika para pengunjung lelah.

Tetapi diatas semuanya bagi yang ingin menikmati birunya laut dan indahnya deburan ombak maka pulau poncan merupakan salah satu tujuan selain wisata bahari yang ditawarkan seperti Diving, Snorkling, Memancing kita dapat menikmati trekking ke area bukit disana, kita dapat menemukan bunker perlindungan masa Jepang dulu diatas bukit yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia.
Kota Sibolga sangat potensial dikembangkan sebagai kota objek wisata. Disamping itu, mengingat pulau-pulau sekitar pantai barat Sumatera sangat berpotensi sebagai daerah wisata seperti pulau nias maka Kota Sibolga dapat berfungsi sebagai daerah transit wisata.
Keindahan alam tepi pantai, pesona yang dipancarkan sederetan pulau yang ada di kawasan pantai barat ini seperti pulau poncan gadang, pulau poncan ketek, pulau panjang dan pulau sarudik merupakan daya tarik utama pariwisata di Kota Sibolga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar