Sumatera Utara , Bukit Lawang


Bukit Lawang adalah nama tempat wisata di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan. Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan.
Saat ini, Bukit Lawang tidak sulit dijangkau menggunakan kendaraan umum. Dari Terminal Pinang Baris di Medan, anda pengunjung harus mencai bus jurusan Binjai. Perjalanan berikutnya dari Binjai menuju Kecamatan Bukit Lawang akan melewati jalanan yang rindang oleh deretan pohon karet dan kelapa sawit di perkebunan-perkebunan rakyat. Sesampainya di Desa Empus, Bohorok, pemandangan sekitar akan dihiasi hamparan sawah dan perumahan sederhana milik warga setempat. Seluruh perjalanan berjarak 96 kilometer itu ditempuh dalam waktu 3 jam.

Daya tarik utama objek ekowisata Bukit Lawang adalah lahan rehabilitasi orangutan Sumatera. Di areal ini, orangutan dilatih untuk hidup alami seperti di habitat aslinya. Orangutan yang menghuni pusat rehabilitasi umumnya hasil sitaan perdagangan gelap hewan langka. Disini pengunjung dapat merasakan hidup bersama orangutan dan mengerti tujuan serta langkah-langkah rehabilitasi. Jika berminat, pengunjung pun dapat mendaftar di PPLH Bukit Lawang untuk menjadi sukarelawan dalam program rehabilitasi orangutan Sumatera. 
Saat ini telah banyak penginapan yang berdiri di kawasan wisata Bukit Lawang. Penginapan yang pertama dibangun adalah Bukit Lawang Cottages. Karena konsep awalnya adalah mengakomodasi kegiatan wisata ekologi, Bukit Lawang Cottages sering disebut sebagai Bukit Lawang Eco-Lodge. Selain orangutan, kawasan memiliki daya tarik alami yang lain seperti hutan, sungai, air terjun dan beberapa gua yang sangat sesuai untuk kegiatan treaking, rafting, tubbing, cross country dan camping.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar